Manfaat Electronic commerce:
• Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
• Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
• Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
• Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
• Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.
• Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
• Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
• Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
Kendala Electronic commerce:
• Kepercayaan yang rendah, baik bagi para penjualnya ( banyak situs eCommerce palsu berkeliaran di inet) dan pembelinya juga ( buktinya banyak carder yang belakangan diketahui atau carder yang kurang beruntung yang tertangkap)
• Bandwidth yang berharga mahal di Indonesia. Jadi mungkin mereka akan berfikir lebih bila harus mengeluarkan biaya lebih untuk kualitas dan availability yang sama [ yang terakhir ini saya setuju ]
Strategi perdagangan Electronic commerce:
e-Commerce merupakan prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli di internet dimana pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya. e-Commerce juga dapat didefinisikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“.
e-Commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan).
Proses yang ada dalam e-Commerce:
1. Presentasi elektronik (pembuatan website) untuk produk dan layanan.
2. Pemesanan produk/layanan secara langsung.
3. Otomasi account pelanggan secara aman baik nomor rekening ataupun nomor kartu kredit (Kartu Pintar).
4. Pembayaran secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
5. Pengiriman barang.
1.Pembuatan Website
Website merupakan satu-satunya media online yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produk/layanannya melalui jaringan internet. Website disini mempunyai peran penting didalam e-commerce, karena website inilah yang akan menjadi parameter pertama produsen akan melihat produk-produk yang ditawarkan yang nantinya akan terjadi transaksi jual beli. Oleh karena itu pembuatan website haruslah dipikirkan secara matang. Mulai dari pemilihan nama domain yang tepat (menyangkut kemudahan produsen menghafal alamat web tersebut serta mewakili dari produk/layanannya), menggunakan tag/kata kunci yang tepat agar mudah dicari oleh search engine, interface dari website tersebut (pengkategorian produk, catalog yang bisa didownload),dll.
2. Pemesanan Produk
Pemesanan produk dilakukan secara online dengan mengisi form pemesanan.
3. Kartu Pintar Kartu Transaksi Bersama
Kartu pintar ini dibuat oleh pihak perusahaan diperuntukkan bagi konsumen yang telah mendaftar dengan mengisi form pendaftaraan dengan benar termasuk pengisian nomor rekening/kartu kredit, disertai copi/scan dari ktp. Kartu pintar ini terdapat nomor ID Card konsumen dari website perusahan tersebut dimana semua data konsumen telah tersimpan dalam kartu pintar tersebut. Seperti atm, kartu pintar ini juga disertai password bersifat pribadi. Akan lebih baik lagi jika perusahaan menjalin kerja sama dengan perbankan sehingga kartu pintar ini bisa berfungsi sebagai pengganti kartu atm/kredit untuk berbelanja online. Selain itu juga sebagai pencatat riwayat transaksi pembelian produk.
4. Transaksi Online (digital/electronic cash)
Transaksi online merupakan bentuk tindak lanjut dari pembuatan kartu pintar. Inti dari konsep transaksi ini berupa online tanpa pergi kea tm terlebih dahulu.
5. Pengiriman Barang
Pengiriman barang merupakan bentuk pelayanan ekstra dari perusahan setelah terjadi transaksi jual beli. Akan lebih baik jika perusahaan bekerja sama dengan jasa pengiriman barang. Pihak konsumen tidak perlu lagi mengirimkan alamatnya dan melakukan konfirmasi bahwa sudah melakukan proses pembayaran karena semua data sudah dapat dilihat didalam kartu pintar konsumen tersebut.
Pertukaran data elektronik:
adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.
Istilah ini umumnya dipakai dalam konteks perdagangan dan bisnis, khususnya perdagangan elektronik atau e-dagang. Biasanya digunakkan oleh perusahaan-perusahaan dalam memudahkan proses pertukaran data transaksi yang berulang-ulang antar perusahaan. EDI sangat bergantung kepada pengembangan format standar untuk dokumen-dokumen bisnis seperti faktur, pesanan pembelian, dan surat tanda terima. Harus ada persetujuan dari pelaku-pelaku bisnis yang terkait dan pengakuan di tingkat nasional maupun internasional untuk dapat menggunakan format-format standar ini dan mentransmisikan data secara elektronik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar