1
.Perencanaan sistem dan analisis kelayakan:
• Analisis
kelayakan Tujuannya adalah :
a.
Menentukan kemungkinan keberhasilan solusi yang diusulkan.
b. Berguna
untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan tersebut benar – benar dapat
dicapai dengan sumber daya dan dengan memperhatikan kendala yang terdapat pada
perusahaan serta dampak terhadap lingkungan sekeliling.
•
Perencanaan sistem dan analisis sistem mencakup 7 tahap yaitu :
1.
Pembahasan dan perencanaan pada tingkat manajemen puncak.
2. Penetapan
dewan pengarah perencanaan sistem.
3. Penetapan
tujuan dan batasan keseluruhan.
4.
Pengembangan perencanaan sistem informasi strategik.
5.
Identifikasi dan memprioritaskan area spesifik dalam organisasi sebagai focus
pengembangan sistem.
6. Pembuatan
proposal sistem untuk mendukung dasar analisis dan perancangan awal sub system
tertentu.
7.
Pembentukan tim untuk tujuan analisis perancangan awal sistem.
• Tugas –
tugas analisis kelayakan :
1. Penentuan
masalah dan peluang yang dituju sistem.
2.
Pembentukan sasaran sistem baru.
3. Pengidentifikasian
para pemakai sistem
• Metode
penentuan penganggaran modal :
1. Payback
period
2. Net
present value
3. Internal
rate of return
4. Modified
internal rate of return.
• Ukuran
kelayakan :
1. Teknologi
2. Ekonomi
3. Non
ekonomi
4.
Organisasi atau operasional
5. Jadwal
2
Langkah-langkah analisis system:
Langkah-langkah analisis sistem :
1. Identify
, mengidentifikasi masalah merupakan langkah pertaman yang dilakukan dalam
tahap analisis sistem. Tugas yang harus dilakukan analis sistem adalah :
a.
Mengidentifikasi penyebab masalah
b.
Mengidentifikasi titik keputusan
c.
Mengidentifikasi personil – personil kunci
2.
Understand, memahami kerja sistem yang ada Langkah ini dapat dilakukan dengan
mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada beroperasi. Diperlukan
data yang dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian.Sejumlah data perlu
dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang ada yaitu
wawancara, observasi, daftar pertanyaan dan pengambilan sampel
3. Analyze,
Menganalisis sistem Langkah ini dilakukan berdasarkan data yagn telah diperoleh
dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan pertanyaan dan kriteria
ini, selanjutnya analis sistem akan dapat melakukan analis dari hasil
penelitian dengan baik untuk menemukan kelemahan dan permasalahan dari sistem
yang ada. Report , membuat laporan hasil analisis. Laporan hasil analisis
diserahkan ke Panitia Pengarah yang nantinya akan diteruskan ke manajemen.
Pihak manajemen bersama-sama dengan panitia pengarah dan pemakai sistem akan
mempelajari temuan-temuan dan analis yang telah dilakukan oleh analis sistem
yang disajikan dalam laporan ini. Tujuan utama dari penyerahan laporan ini
kepada manajemen adalah:
1. Analisis
telah dilakukan,
2.
Meluruskan kesalah pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis
sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen,
3. Meminta
pendapat dan saran dari pihak manajemen, dan
4. Meminta
persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan.
3
Teknik-teknik pengkumpulan fakta:
Fakta
merupakan bagian dari informasi yang menunjukkan realita , situasi, dan relasi
yang menjamin analisis permodelan. Ada tiga sumber yaitu :
1 .Sistem
yang berjalan menyediakan kesempatan untuk menetukan apakah sistem
memuaskan,perlu sedikit perbaikan, membutuhkan pemeriksaan yang besar, atau
diganti.Juga menyediakan sumber ide perancangan untuk membantu analis
mengidentifikasikan sumber yang ada bagi sistem yang baru.
2 .Sumber
internal lainnya Sumber yang utama adalah orang yang akan menggunakan system
yang baru.Sumber kedua didapat dari dokumen kerja yang ada dalam organisasi.
Dokumen dapat diklasifikasikan misalnya struktur organisasi, apa yang sudah
dilakukan organisasi, dan rencana apa yang akan dilakukan organisasi
3 .Sumber
eksternal Informasi yang berasal dari luar organisasi membuka cakrawala ide dan
teknik. Banyak industri dari kelompok dan seminar memberikan.
4.Teknik-teknik
mengorganisasikan fakta Teknik untuk mengorganisasikan fakta terdiri dari : •
Analisis pengukuran kinerja
• Analisis
Distribusi kerja
• Analisis
Fungsional
• Analisis
Matriks
4
Analisis sistem terstruktur:
Adalah Salah
satu pendekatan formal pertama untuk analisis sistem informasi. Analisis ini
terfokus pada aliran data dan proses bisnis dan perangkat lunak. Analisis ini
disebut proses oriented. Analisis terstruktur sederhana dalam konsep. Proses
analis menggambarkan serangkaian proses dalam bentuk diagram alir data (Data
Flow Diagram) yang menggambarkan proses yang ada atau yang diusulkan
bersama-sama dengan input , output dan file mereka.
SUMBER:
http://destyapriliantini.wordpress.com/2012/01/13/bab-12-perencanaan-dan-analisis-sistem/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar